Free

Merdeka Belajar Episode 15: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar

About Course

Merdeka Belajar adalah program kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim.[1] Esensi kemerdekaan berpikir, menurut Nadiem, harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi. Nadiem menyebut, dalam kompetensi guru di level apa pun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi.

Pada tahun mendatang, sistem pengajaran juga akan berubah dari yang awalnya bernuansa di dalam kelas menjadi di luar kelas. Nuansa pembelajaran akan lebih nyaman, karena murid dapat berdiskusi lebih dengan guru, belajar dengan outing class, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi lebih membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, berkompetensi, dan tidak hanya mengandalkan sistem peringkat yang menurut beberapa survei hanya meresahkan anak dan orang tua saja, karena sebenarnya setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing. Nantinya, akan terbentuk para pelajar yang siap kerja dan kompeten, serta berbudi luhur di lingkungan masyarakat.

Merdeka belajar mendukung banyak inovasi dalam dunia pendidikan, terutama kemajuan berbagai lembaga pendidikan termasuk sekolah ataupun madrasah, dengan membentuk pula kompetensi guru. Guru penggerak yang merdeka dalam mengajar tahu akan kebutuhan murid-muridnya sesuai lingkungan dan budaya siswa tersebut.[2] Mengingat Indonesia memiliki banyak suku, adat istiadat dan budaya, tata Krama dan etika pada suatu daerah tentunya berbeda. Justru perbedaan yang ada membuat kita saling kenal mengenal, dan menjadi bangsa makmur dengan menghargai perbedaan yang ada, gotong royong yang sudah menjadi warisan terpuji leluhur secara turun-temurun. Nilai pancasila dan yang tertuang dalam Bhinneka Tunggal Ika dari kitab kakawin Sutasoma wajib menjadi nilai yang dipegang bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia termasuk para pelajar.[3][4] 

https://id.wikipedia.org/wiki/Merdeka_Belajar

Short Description

Merdeka Belajar adalah program kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim.

Reviews

4

Average Rating

80% 0 Ratings

Meet Our Teacher

Epi Depiyana

Epi Depiyana

illustrator, Artist, Motion
Jamaludin Akbar, M.Pd

Jamaludin Akbar, M.Pd

Finance, Marketing
Nurlaela Lisdiawati

Nurlaela Lisdiawati

interaction, Motion
John Addison

John Addison

Finance, interaction
J. Castaneda

J. Castaneda

C++, JavaScript
Nur Wulan Afriliani, S.Pd.

Nur Wulan Afriliani, S.Pd.

interaction, PHP
Free

37088 students

15 Additional resources (10 files)

Available from the app

Spanish, English, Portuguese

We offer a satisfaction guarantee

Access on mobile and TV

Certificate of Completion
Areas

New

Lessons

8 Lesson(s)

logo

Bersama BPI Bandung meraih prestasi terbaik untuk seluruh peserta didik.

Download our app

Image
Image

Get inspired weekly

mailchimp.

Follow us