Berita dan Acara

Imlek 2024

Imlek 2024

Peringatan Tahun Baru China (IMLEK)

Perayaan Imlek, juga dikenal sebagai Tahun Baru Cina atau Tahun Baru Imlek, adalah perayaan yang merayakan kedatangan Tahun Baru berdasarkan kalender lunar tradisional. Merupakan salah satu perayaan paling penting dan meriah dalam budaya Tionghoa, Imlek dirayakan oleh komunitas Tionghoa di seluruh dunia serta di berbagai negara yang memiliki pengaruh budaya Tionghoa yang signifikan.

Perayaan Imlek umumnya dimulai pada malam terakhir dalam bulan kesebelas dalam penanggalan lunar, dan berlangsung hingga malam purnama pertama dalam bulan pertama dalam penanggalan lunar baru. Durasi perayaan ini biasanya berlangsung selama 15 hari, tetapi beberapa keluarga atau komunitas dapat merayakannya dalam rentang waktu yang lebih luas.

Berbagai tradisi dan ritual khas menyertai perayaan Imlek. Di antaranya adalah pembersihan rumah secara menyeluruh sebelum Tahun Baru, dengan tujuan mengusir keberuntungan buruk dan menyambut keberuntungan baru. Tradisi memberi angpau (amplop merah berisi uang) kepada anak-anak dan anggota keluarga yang belum menikah juga merupakan bagian penting dari perayaan ini.

Selain itu, perayaan Imlek juga ditandai dengan pesta makan besar yang disebut "reunion dinner" atau "nianyefan", di mana keluarga berkumpul untuk menikmati hidangan khas seperti ikan, mi panjang, dan kue beras manis. Selama perayaan ini, dekorasi merah dan emas yang melambangkan keberuntungan dan kekayaan sering digunakan di rumah-rumah dan tempat-tempat umum.

Salah satu elemen yang paling mencolok dari perayaan Imlek adalah upacara kembang api yang spektakuler. Kembang api dinyalakan sebagai pengusir roh jahat dan sebagai simbol kegembiraan menyambut Tahun Baru yang baru.

Selama 15 hari perayaan Imlek, berbagai acara budaya seperti parade naga dan barongsai, pameran seni tradisional, dan pertunjukan musik dan tarian Tionghoa sering diadakan untuk merayakan warisan budaya yang kaya.

Perayaan Imlek bukan hanya merupakan waktu untuk merayakan Tahun Baru, tetapi juga untuk menghormati leluhur, berhubungan dengan keluarga, dan menghargai budaya dan tradisi Tionghoa yang kaya. Ini adalah momen bersejarah yang diantisipasi dengan gembira oleh jutaan orang di seluruh dunia, yang menghadirkan semangat kegembiraan, persaudaraan, dan harapan akan keberuntungan yang baru.

logo

Bersama BPI Bandung meraih prestasi terbaik untuk seluruh peserta didik.

Download our app

Image
Image

Get inspired weekly

mailchimp.

Follow us