News

Previous Next

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Maulid Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam (SAW.) dilahirkan di Makkah pada hari Senin 12 Rabiul Awal bertepatan dengan tahun Gajah atau 23 April 571 Masehi. Nabi Muhammad SAW. lahir dari pasangan Abdullah dan Aminah. Abdullah adalah putra dari Abdul Mutholib yang merupakan pemimpin suku Quraisy. Sementara Aminah merupakan putra dari Wahb, pemimpin Bani Zuhrah. Lahirnya Nabi Muhammad SAW. membawa perubahan besar dari mulai zaman jahiliyah sampai ke zaman islamiyah. Beliau menyerukan kepada seluruh umat manusia untuk berada di jalan Allah Swt. yang mana merupakan jalan yang lurus, jalan kebenaran, jalan tauhid. Oleh karena itu, kelahiran beliau merupakan salah satu peristiwa penting untuk dirayakan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Merayakan Maulid Nabi ini dapat dilakukan dengan membaca sholawat dan melakukan hal-hal kebajikan lain seperti santunan kepada anak yatim.

Beberapa hikmah yang dapat kita ambil dari Maulid Nabi Muhammad SAW. adalah kita dapat meneladani sifat dan akhlak beliau dalam hal kesabaran, keteguhan hati, dan terutama perjuangannya di jalan Allah Swt. Semua sifat Nabi Muhammad SAW. perlu dan wajib untuk diteladani. Beliau seperti sosok sempurna cerminan Al-Qur’an yang hadir di tengah-tengah umat manusia dengan kabar gembira. Hikmah lain yang dapat kita ambil yaitu meneguhkan rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW. Kecintaan kepada utusan Allah Swt harus melampaui kecintaan kita kepada segalanya. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW., Maulid Nabi menjadi salah satu pengingat kita untuk selalu memegang teguh prinsip tersebut.

http://formadiksi.um.ac.id/hikmah-maulid-nabi-muhammad-saw/

Previous Next

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Kegiatan Simulasi AKM Kedua di SD BPI

SD BPI Bandung menyelenggarakan kegiatan simulasi AKM kedua untuk siswa dilingkungan SD BPI. AKM merupakan salah satu program dari Kemdikbud yang akan dilaksanaka pada bulan november 2021. Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 sudah di depan mata. Satu di antara instrumen utama yang akan diikuti para siswa sekolah adalah AKM.

"Kegiatan simulasi AKM kedua di SD BPI dilaksanakan mulai tanggal 18-19 Oktober 2021. Pada hari pertama materi yang di AKM kan adalah literasi dan survey karakter dan pada hari kedua materi yang di ujikan adalah numerasi dan survey lingkungan" seperti yang disampaikan oleh Sutarwan, selaku Pengawas SD BPI.

Tahukah kamu apa itu AKM? Jadi, kepanjangan AKM adalah Asesmen Kompetensi Minimum.

Melansir laman Kemdikbud, AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Lebis lanjut Sutarwan menjelaskan tujuan dari pelaksanaan Simulasi AKM ini "AKM memiliki tujuan yakni mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Instrumen ini dirancang untuk menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar murid."

 

sumber: https://bogor.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-082615028/apa-itu-akm-dalam-sekolah-pahami-arti-dan-tujuan-serta-kapan-dilaksanakan

 

Previous Next

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Setiap tanggal 1 Oktober bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia lolos dari upaya kudeta dari PKI. Usaha kudeta PKI inilah yang dikenal peristiwa G30S PKI. Sebuah peristiwa berdarah dengan merenggut putra-putra terbaik bangsa dan bangsa Indonesia mengenalnya dengan Pahlawan Revolusi.

1. Letjen TNI Ahmad Yani (Menteri/Panglima Angkatan Darat/Kepala Staf Komando Operasi Tertinggi);

2. Mayjen TNI Raden Suprapto (Deputi II Menteri/Panglima AD bidang Administrasi);

3. Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono (Deputi III Menteri/Panglima AD bidang Perencanaan dan Pembinaan);

4. Mayjen TNI Siswondo Parman (Asisten I Menteri/Panglima AD bidang Intelijen);

5. Brigjen Donald Isaac Panjaitan (Asisten IV Menteri/Panglima AD bidang Logistik);

6. Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo (Inspektur Kehakiman/Oditur Jenderal Angkatan Darat);

7. Lettu CZI Pierre Andreas Tendean (ajudan Jenderal A.H Nasution);

8. Bripka Karel Sadsuit Tubun (pengawal Perdana Menteri II Dr. J. Leimena, tetangga A.H Nasution);

9. Brigjen Katamso Darmokusumo (Komandan Rem 072/Pamungkas Yogyakarta);

10. Letkol Sugiyono Mangunwiyoto (Wakil Dan Rem 072/Pamungkas Yogyakarta).

Previous Next

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

SMA BPI 2, menyelenggarakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Kegiatan PTMT dilaksanakan secara hybird. Pembelajaran hybird meruapakn kegiatan belajar yang dilaksanakan secara online dan offline. PTMT kali ini diikuti oleh 25 % siswa, yang akan ditingkatkan pada hari hari yang akan datang, yaitu 50% (masa transisi) jika dimasa uji coba (25%) berhasil.

Pelaksanaan PTMT di SMA BPI 2 ini dilaksanakan dengan menggunakan prokes covid 19 secara ketat.

About Yayasan BPI

Yayasan BPI menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal sejak tanggal 18 Agustus 1948 yang salah satu misinya ialah mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Alamat: Jl.Burangrang No.8 Bandung, Jawa Barat.
email : yysbpi@edubpi.id 
N
o Tlp :  +62 22 730146

 

©2021 Yayasan Badan Perguruan Indonesia ll Rights Reserved.

Search