PPDB 2020

STRATEGI & RENCANA YAYASAN BPI



Revitalisasi Yayasan BPI dalam rangka tercapainya visi dan misi, di jabarkan pada program dengan empat tema strategis 2020-2024 yakni:

  1. Peningkatan kepasitas dan kapabilitas sumber daya manusia, yang meliputi pengembangan sistem manajemen SDM, pengembangan budaya organisasi, dan mendorong inovasi untuk membangun keunggulan sekolah.
  2. Peningkatan kualitas pelayanan prima bagi seluruh stakeholder Yayasan BPI.
  3. Penyediaan sarana dan prasarana yang unggul dalam menunjang proses pembelajaran siswa.
  4. Sistem tata kelola dan tata laksana yang handal dan akuntabel.

Lebih lanjut, program dengan empat tema strategis 2020-2024 tersebut selaras dengan tujuan tercapainya peningkatan 8 aspek mutu pembelajaran, yakni:

  1. STANDAR 1 : KOMPETENSI LULUSAN
    1. Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi sikap
    2. Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi pengetahuan
    3. Lulusan memiliki kompetensi pada dimensi keterampilan
  2. STANDAR 2: ISI
    1. Perangkat pembelajaran sesuai rumusan kompetensi lulusan
    2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dikembangkan sesuai prosedur
    3. Sekolah melaksanakan kurikulum sesuai ketentuan
  3. STANDAR 3: PROSES
    1. Sekolah merencanakan proses pembelajaran sesuai ketentuan
    2. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan tepat
    3. Pengawasan dan penilaian otentik dilakukan dalam proses pembelajaran
  4. STANDAR 4: PENILAIAN PENDIDIKAN
    1. Aspek penilaian sesuai ranah kompetensi
    2. Teknik penilaian obyektif dan akuntabel
    3. Penilaian pendidikan ditindaklanjuti
    4. Instrumen penilaian menyesuaikan aspek
    5. Penilaian dilakukan mengikuti prosedur
  5. STANDAR 5: PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
    1. Ketersediaan dan kompetensi guru sesuai ketentuan
    2. Ketersediaan dan kompetensi kepala sekolah sesuai ketentuan
    3. Ketersediaan dan kompetensi tenaga administrasi sesuai ketentuan
    4. Ketersediaan dan kompetensi laboran sesuai ketentuan
    5. Ketersediaan dan kompetensi pustakawan sesuai ketentuan
  6. STANDAR 6: SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN
    1. Kapasitas daya tampung sekolah memadai
    2. Sekolah memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap dan layak
    3. Sekolah memiliki sarana dan prasarana pendukung yang lengkap dan layak
  7. STANDAR 7: PENGELOLAAN PENDIDIKAN
    1. Sekolah melakukan perencanaan pengelolaan
    2. Program pengelolaan dilaksanakan sesuai ketentuan
    3. Kepala sekolah berkinerja baik dalam melaksanakan tugas kepemimpinan
    4. Sekolah mengelola sistem informasi manajemen
  8. STANDAR 8: PEMBIAYAAN
    1. Sekolah memberikan layanan subsidi silang
    2. Beban operasional sekolah sesuai ketentuan
    3. Sekolah melakukan pengelolaan dana dengan baik