PPDB 2020

Tujuan Pendidikan

SEKOLAH DASAR BPI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Secara Nasional tujuan pendidikan adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa lepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif , mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

VISI

SD BPI

Terwujudnya lulusan yang berakhlak mulia, cerdas, sehat, dan berwawasanglobal.

Misi

SEKOLAH DASAR BPI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  1. Membentuk warga sekolah yang cerdas, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berpengetahuan luas, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan sikap dan perilaku religius baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
  2. Membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya agar mereka memiliki life skill yang dilandasi oleh keseimbangan etika logika, estetika, dan kinestetika.
  3. Meningkatkan profesionalisme pelayanan pendidikan yang dilandasi oleh semangat keteladanan, kebersamaan, kemandirian dan akuntabilitas dalam rangka pelayanan prima kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang dilandasi dengan budaya mutu dengan mengintegrasikan kegiatan literasi.
  5. Melaksanakan trias UKS untuk mencapai generasi yang sehat dan cerdas, serta memiliki kecintaan terhadap seni, budaya dan lingkungannya.
  6. Menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi seluruh peserta didik, baik bagi siswa berkebutuhan khusus atau tidak berkebutuhan khusus.
  7. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan hijau.
  8. Meningkatkan pemberdayaan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip kekeluargaan.
  9. Menyalanggarakan pendidikan yang berbasiskan IT serta penguasaan bahasa asing dalam pembelajaran.

Tujuan

Pendidikan SD BPI

Yayasan BPI 2020

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lengkap tujuan pendidikan SD BPI adalah :

  1. Terbentuknya peserta didik yang berakhlak mulia dan cinta akan budaya daerahnya.
  2. Terwujudnya peserta didik yang sehat baik fisik, mental maupun sosial sehingga tangguh dalam menghadapi perubahan pada era globalisasi.
  3. Membentuk peserta didik agar dapat menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sehingga dapat mewujudkan cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maupun terjun ke masyarakat.
  4. Mengoptimalkan seluruh potensi yang ada pada anak berkebutuhan khusus agar dapat menjadi mandiri sehingga dapat bersosialisasi dengan lingkungannya.
  5. Menanamkan rasa perduli terhadap lingkungan, sesama teman, dan cinta akan almamaternya.
  6. Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan yang berbasiskan IT serta penguasaan bahasa asing dalam pembelajaran.

PROFIL

Pendidikan SD BPI

Yayasan BPI 2020

Nama SD BPI ( Badan Perguruan Indonesia)
NSS 102026006035
NPSN 20219536
Status Swasta
Akreditasi Nilai 98 peringkat A (Unggul) Berdasarkan Penetapan hasil akreditasi BAP- S/M Nomoer: 02.00/203/SK/BAN-SM/XII/2018 tanggal 04 Desember 2018
Alamat Jalan Halimun No 40. Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Kode Pos 40263.
Telp/ Fax. 022-7301460/ 022-7323136
Tahun Berdiri 1959
Luas Bangunan 2.726 meter persegi
Fasilitas 22 Ruang belajar, perpustakaan, lab. Komputer, Lab Bahasa, koperasi, ruang kesenian, ruang UKS, ruang tata usaha, ruang guru, ruang tamu, ruang kepala sekolah, ruang pramuka/ OSIS, ruang konsultasi psyikolog/BK, kantin, aula, mushola, wc guru, wc peserta didik, gudang, pos satpam, taman, dan kolam.

Tenaga Pendidikan dan Kependidikan

SD BPI

1

Kepala

39

GURU

6

GPK

4

Orang Tenaga Administasi Sekolah (TAS)

1

Orang tenaga ahli ortopedagogik

5

Orang Pelaksanan Khusus (PLK)

2

2 Orang Pustakawan

1

Orang Tenaga Psikolog

1

Orang Tenaga Penata Lingkungan

1

orang tenaga dokter sekolah

1

orang tenaga digital school

5

Orang Tenaga Pengamanan (Satpam)

1

Orang Petugas Koperasi.

Peserta Didik

SD BPI

Jumlah rombongan belajar untuk tahun ini adalah 22 rombongan belajar @ maksimal 30 peserta didik untuk kelas 4, 5, dan 6, serta 28 peserta didik untuk kelas 1, 2 dan 3. Pada tiap-tiap rombel, terdapat Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), yang pendistribusiannya terdapat di kelas 1 hingga kelas 6.

Waktu belajar

SD BPI

Pagi hari mulai pukul 06.45 – 15.00 WIB, kecuali hari Jum’at dimulai pukul 06.45 – 11.10 WIB, dengan lima hari jam belajar/ sekolah.

STRATEGI

SEKOLAH DASAR BPI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
  1. Selalu meningkatkan profesonalisme tenaga guru maupun non guru melalui kegiatan KKG tingkat sekolah, gugus, kecamatan, kota, serta kegiata-kegiatan workshop lainnya yang relevan.
  2. Mengikuti pembaharuan sistem pendidikan termasuk pembaharuan kurikulum yang berlaku secara nasional dan lokal sesuai dengan kepentingan.
  3. Meningkatkan pembinaan agama dan akhlak mulia.
  4. Meningkatkan kualitas pelaksanaan proses belajar.
  5. Mengajar melalui penyempurnaan materi pelajaran, metode, dan sistem evaluasi.
  6. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan pendidikan.
  7. Melaksanakan program pendidikan khusus yang diminati oleh Peserta didik dan orang tua serta masyarakat sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Yayasan BPI dan Dinas Pendidikan.

SEKOLAH DASAR

YAYASAN BPI BPI